17 October 2012

Puisi Kepahlawanan: Jasa Yang Ku Kenang

by ZodiakLopedia.Com tagged as published on 17 October 2012
Puisi berikut ini datang dari Vivian Larasati. Merupakan puisi kepahlawanan yang berjudul Jasa Yang Ku Kenang. Puisi tersebut mengandung amanat untuk selalu mengingat dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam puisi itu pula pengarang menghimbau kepada kita semua untuk selalu berterimakasih atas jerih payah para pahlawan dalam membela tanah air dari bangsa penjajah.

Tentu sebagian dari kita tidak lupa akan peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan oleh Ir. Soekarno atas nama bangsa Indonesia pada hari jum'at, 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di kediaman Ir. Soekarno Jl. Pegangsaan Timur 56 silam; dimana sang proklamator didampingi oleh Mohd. Hatta, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti yang disaksikan oleh segenap bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dari bangsa penjajah.

Naskah Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Dan tentu sebagian dari kita tidak lupa bahwa jauh hari sebelum itu dengan sekuat tenaga para pahlawan telah gugur untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah, baik atas nama nusantara maupun membela daerah masing-masing agar tidak dikuasai oleh bangsa penjajah. Para pahlawan telah mengorbankan segalanya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indoensia. Segala daya dan upaya mereka kerahkan tanpa mengenai putus asa dan pamrih. Seluruh jiwa dan raga dikorbankan demi Indonesia merdeka.

Namun keadaan di masa sekarang ini nampaknya mulai berubah. Hanya beberapa saja dari kita yang mengenang perjuangan para pahlawan. Sedangkan sebagian lainnya kurang menghargai kemerdekaan itu, padahal untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah tidaklah mudah, butuh bertahun-tahun, bahkan ratusan tahun untuk para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia.

Semakin hari jiwa kepahlawan kita semakin melemah. Sadar atau tidak kita telah membiarkan para penjajah kembali menguasai kita dalam bentuk yang lebih tidak terlihat, seperti ekonomi, politik, budaya, dan agama. Hendaknya kita tetap mengenang jasa para pahlawan agar jiwa patriotisme dan kepahlawanan kita tidak memudar untuk selalu mempertahankan apa yang telah diraih dari segala bentuk penjajahan bangsa lain.

Maka dari itulah mudah-mudahan puisi dari Vivian Larasati yang berjudul Jasa Yang Ku Kenang dapat membangkitkan kembali semangat kepahlawanan dan patriotisme kita menjadi kuat kembali serta menggapai cinta-cita luhur seperti apa yang diharapkan para pahlawan. Sebab setiap dari kita tidak boleh melupakan sejarah, karena sejarah adalah warisan yang tidak boleh dilupakan dan harus tetap dijaga dan dikenang.

Jasa Yang Ku Kenang

Hai.. Pahlawan
Rasa Nasionalisme yang kau miliki sangat tinggi
Kau berjuang demi Tanah Airku
Tanah Air Indonesia
Kau berjuang agar bangsa ini merdeka
Kau berjuang tnpa kenal putus asa
Hingga bangsa ini mendapatkan kemerdekaan
Merdeka dari penjajahan bangsa lain
Terima kasih Pahlawanku
Berkat jasa-jasamu
Kami dapat hidup dengan aman dan tentram
Tanpa rasa takut akan dijajah

Oleh Vivian Larasati
fb : vivianlarasati@rocketmail.com, twitter : @LarasatiVivian

Dari puisi kepahlawan diatas, mari kita jadikan motivasi diri dan mengambil contoh untuk senantiasa berterimakasih kepada para pahlawan yang sudah berjasa besar atas kemerdekaan Indonesia dengan memanjatkan do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar arwah para pahlawan mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT; juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan menginggalkan kemaksiatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Advertisement



Bagikan:

Komentar Untuk Puisi Kepahlawanan: Jasa Yang Ku Kenang